Perguruan Tinggi Kedinasan, Sekolah Calon Pemimpin Tanpa Biaya



Perguruan tinggi merupakan tujuan akhir dari sebuah pendidikan setelah selesai menempuh sekolah tingkat atas. Siswa yang telah lulus berlomba-lomba masuk PTN atau Perguruan Tinggi Negeri agar biaya yang ditetapkan tidak terlalu mahal untuk setiap semesternya. Namun, terkadang keinginan tidak sesuai harapan. Banyak dari siswa-siswa tersebut harus kecewa dan akhirnya memilih PTS atau Perguruan Tinggi Swasta sebagai pilihan akhir. Bagi anda yang tidak menyukai kedua pilihan tersebut, ternyata masih ada alternatif lain dengan melihat daftar perguruan tinggi kedinasan yang tersebar diseluruh Indonesia.

PTK atau Perguruan Tinggi Kedinasan merupakan lembaga pendidikan yang ditawarkan oleh instansi terkait dengan tujuan menarik kader atau calon pegawai yang akan dipekerjakan diinstansi tersebut dengan ketentuan yang mengikat. Jika anda bersekolah disana, nantinya anda tidak perlu pusing-pusing mencari pekerjaan karena anda akan diberikan pekerjaan oleh instansi tempat anda bersekolah tersebut. Anda bisa mencari informasi mengenai daftar perguruan tinggi kedinasan sesuai yang anda inginkan di seluruh wilayah Indonesia. Namun perlu diingat bahwa terdapat sedikit perbedaan antara perguruan tinggi kedinasan dan perguruan tinggi ikatan dinas, untuk perguruan tinggi kedinasan kebanyakan sifatnya adalah negara hanya menanggung sebagian dari biaya pendidikannya sisanya dari individu, namun perguruan tinggi ikatan dinas, seluruh biaya pendidikan ditanggung oleh negara, mulai dari asrama, makan, pakaian, kuliah, bahkan ada yang mendapatkan uang saku serta setelah lulus langsung bekerja, dan benar-benar di didik sebagai kader  untuk disiapkan menjadi calon pemimpin instansi tersebut. Banyak pilihan perguruan tinggi ikatan dinas yang diselenggarakan oleh negara seperti dalam daftar berikut ini :

1. Akademi Ilmu Pemasyarakatan
2. Akademi Imigrasi
3. Akademi Kepolisian
4. Akademi Militer
5. Akademi Angkatan Laut
6. Akademi Angkatan Udara
7. AMG
8. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik
9. Sekolah Tinggi Intelejen Negara
10. Sekolah Tinggi Sandi Negara

Anda bisa mengetahui beberapa informasi seputar daftar perguruan tinggi ikatan dinas tersebut melalui media online seperti internet. Biasanya informasi yang akan anda peroleh adalah seputar tanggal pendaftaran beserta jadwal ditutupnya pendaftaran. Informasi tersebut juga diikuti gambaran perguruan tinggi kedinasan tersebut beserta fasilitas yang disediakan, tata cara melakukan pendaftaran, kurikulum yang ditawarkan dan juga prospek kelulusan dari perguruan tinggi tersebut.

Mental pegawai ini memang sudah menjadi tradisi turun menurun masyarakat Indonesia, karena pegawai dianggap lebih terpandang keberadaanya sekaligus mencerminkan pribadi yang memiliki intelegensi tinggi. Disamping itu seorang pegawai memiliki gaji tetap setiap bulannya dibandingkan dengan wiraswasta. Namun, dengan menjadi pegawai negeri sipil melalui Sekolah Ikatan Dinas inilah para pemuda-pemudi terbaik bisa mengabdikan kepada negara, dan juga disamping itu bisa berwirausaha. Hal ini menjadikan banyak orang tua yang menginginkan anaknya memperoleh pekerjaan tanpa harus kebingungan mencari-cari pekerjaan tanpa harus kuliah mahal dan menjadi beban. Maka dari itu, biasanya orang tua mendorong anaknya untuk mencari informasi seputar daftar perguruan tinggi ikatan dinas yang ada di indonesia. Para orang tua ini berharap, dengan masuk perguruan tinggi kedinasan tersebut memiliki taraf hidup yang lebih baik dan mapan.

Sejumlah perguruan tinggi kedinasan tersebut berada di berbagai wilayah Indonesia, tergantung pilihan yang anda inginkan ada dimana. Anda bisa membuka website dan mengetahui beberapa informasi seperti email, alamat dan no telp yang ada di daftar perguruan tinggi kedinasan terkait. Sebelum anda melangkah dan menentukan pilihan anda, sebaiknya ketahui detailnya lebih cermat profil maupun informasi umum lainnya seperti kurikulum, prospek kelulusan, tanggal pendaftaran dan penutupan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar